Goa Selomangleng, Wisata Alam Nan Indah Di Kaki Gunung Klotok


Goa Selomangleng yang berada di Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, adalah salah satu obyek wisata alam yang rasanya wajib kita kunjungi bila berwisata ke kota Kediri.


Kendati merupakan obyek wisata alam dan berada di kaki gunung Klotok, namun bagi pengunjung yang ingin mencapai lokasi Gua Selomangkeng tidaklah sulit, karena letaknya yang tidak terlalu menjorok ke dalam dan relatif tidak jauh dari jalan yang bisa dilalui oleh hampir semua jenis kendaraan. Gua ini hanya berjarak lebih kurang dua kilometer dari pusat kota Kediri.

Gua ini dinamakan Selomangleng dari kata yang berasal dari bahasa jawa yaitu Selo yang berarti batu dan Mangleng yang artinya miring. Gua ini terbentuk dari batu andesit hitam yang berukuran besar sehingga tampak mencolok kendati dilihat dari jarak yang jauh. 

Dari salah satu papan penerangan yang terdapat di lokasi, tertulis goa ini diperkirakan dibuat pada abad 10 - 11 Masehi.

Konon cerita, Gua Selomangleng ini dipercaya sebagai tempat pertapaan putri mahkota Raja Airlangga, Dewi Kilisuci (Sanggramawijaya Tunggadewi). Kendati Dewi Kilisuci merupakan putri mahkota dan pewaris tahta kerajaan Kahuripan, namun Dewi Kilisuci menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya dan lebih memilih menjauhkan diri dari hiruk pikuk kehidupan dunia dengan cara melakukan tapabrata di Gua Selomangleng.

Tidak jauh dari Gua Selomangkleng, juga terdapat museum Airlangga yang merupakan museum purbakala. Di museum Airlangga ini banyak tersimpan benda-benda arkeologi berupa patung/arca, prasasti dan benda-benda bersejarah lainnya.

Di lokasi Gua Selomangleng saat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata penunjang lainnya seperti kolam renang dengan beraneka wahananya dan juga arena bermain anak.

Dari pada penasaran dengan keindahan Gua Selomangleng, yuk langsung ajak keluarga, tetangga atau teman- teman untuk berkunjung ke gua ini.

Baca juga artikel menarik lainnya:







0 Response to "Goa Selomangleng, Wisata Alam Nan Indah Di Kaki Gunung Klotok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel