Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kejutan, Aldila Sutjiadi Tumbangkan Unggulan Kedua ITF Evansville

arayanaNews.com, EvansvilleIndiana, 15 Juli 2021 - Kejutan besar terjadi di putaran pertama nomor tunggal turnamen  ITF (International Tennis Federation -red) WC 25K Evansville. Petenis putri nomor 1 Indonesia, Aldila Sutjiadi berhasil menumbangkan petenis unggulan kedua, Sachia Vickery dari Amerika Serikat.

Sachia Vickery Vs Aldila Sutjiadi ITF Evansville
Seperti dipantau arayanaNews.com dari laman resmi WTA (Women's Tennis Association -red), Dila, sapaan karib Aldila Sutjiadi, menjungkalkan petenis tuan rumah itu usai bertarung sengit selama tiga set. 

Pada pertandingan putaran pertama yang berlangsung di EvansvilleIndiana, Kamis (15 Juli 2021) pagi WIB, Dila harus merelakan set pertama bagi Vickery setelah dirinya kalah 3-6. Namun Atlet tenis PON (Pekan Olahraga Nasiona -red) Jawa Timur itu mampu bangkit pada set kedua dan memenangi set tersebut dengan skor 6-3.

Kedudukan berimbang 1-1 memaksa laga harus dituntaskan dengan set ketiga. Diawal set penentuan, Dila langsung menggebrak dengan memborong 3 gim beruntun sehingga unggul 3-0. Namun Vickery segera bangkit dengan ganti memborong 4 gim beruntun untuk berbalik unggul menjadi 4-3. 

Tertinggal, Dila mencoba menahan laju petenis Amerika Serikat kelahiran bulan Mei 1995 itu. Usaha Dila tak sia-sia, peraih medali emas diajan Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 itu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4 setelah dirinya memenangi gim kedelapan.

Laga pun berlangsung lebih sengit, kedua petenis terlibat saling kejar mengejar angka. Hingga gim kesepuluh berakhir, kedudukan berimbang 5-5. Dila berhasil mengamankan gim ke 11 dan 12 untuk sekaligus mengunci set ketiga dengan kemenangan 7-5.

Kemenangan rubber set 3-6. 6-3, 7-5 ini, menjadi catatan keunggulan pertama Dila atas pemain putri Negeri Joe Biden yang pernah nangkring di peringkat 73 dunia itu. Dengan hasil ini, Dila memastikan diri melangkah ke putaran kedua turnamen yang memperebutkan total hadiah US$25 ribu tersebut.

Pada pertandingan putaran kedua, Dila bakal ditantang petenis tuan rumah lainnya, Ivana Corley yang pada pertandingan putaran pertama berhasil mengakhiri perlawanan kompatriotnya, Eleana Yu.

Ivana Corley yang lolos ke babak utama melalui kualifikasi, melibas Eleana Yu yang berstatus petenis Wild Card, dengan skor 6-4, 6-4.

Yang menarik dari duel antara Aldila Sutjiadi kontra Sachia Vickery adalah catatan perjalanan karir Vickery yang terbilang cukup apik. Petenis yang saat ini bertengger di daftar ranking ke 185 dunia itu, pernah mengalahkan sejumlah petenis papan top dunia, antara lain Agniezska Radwanska dari Polandia dan Garbine Muguruza asal Spanyol.

Sachia Vickery membekuk Garbine Muguruza pada babak 64 besar turnamen WTA Indian Wells tahun 2018. Ketika itu Vickery menggasak Muguruza lewat pertarungan selama tiga set yang berkesudahan dengan skor 2-6, 7-5, 6-1.

Sementara kemenangan Sachia Vickery atas Agniezska Radwanska dibukukan pada babak perempatfinal turnamen WTA Auckland yang juga dilangsungkan pada tahun 2018. Kala itu Vickery membekuk Radwanska dengan skor cukup telak, 6-2, 6-2.

Turnamen tenis profesional ITF WC 25K Evansville bertajuk "The Women's Hostpital Classic" ini diagendakan bakal berlangsung mulai tanggal 12 hingga 18 Juli 2021.

Berita & Informasi Tenis Terkini Dapat Disimak di ayotenis.id