Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peringkat Nasional PELTI (PNP) Bulan Desember 2018 (4)

Berdasarkan rilis daftar Peringkat Nasional PELTI (PNP) bulan Desember 2018, terjadi pergesaran posisi peringkat yang cukup signifikan bila dibandingkan PNP edisi bulan November 2018. Hal ini dipengaruhi oleh telah ditambahkannya poin dari kejuaraan nasional (kejurnas) tenis yunior Piala Tugumuda 2018 yang digelar di Ambarawa, Jawa Tengah.

Diah Ayu Novita Yosri Saputri
Selain itu, hangusnya poin dari turnamen Walikota Tegal Cup 2017 juga membawa dampak yang cukup berpengaruh pada pergerakan peringkat nasional PELTI (PNP) bulan Desember 2018 yang baru saja dirilis. 

Pada daftar Peringkat Nasional PELTI bulan Desember 2018, selain ditambahkannya poin dari kejurnas tenis yunior Piala Tugumuda 2018 (kategori J3), ada beberapa turnamen lain yang poinnya juga turut ditambahkan, yaitu Bupati Ngawi Cup II, (kategori J8), Piala PELTI Riau (kategori J8), Bank Mayapada Series II JKT (kategori J6) dan Piala Walikota Pariaman.

Sedangkan poin yang dihapuskan di daftar Peringkat Nasional PELTI bulan Desember 2018 adalah dari turnamen: Walikota Tegal Cup, Piala Danrem, JBI, Peltha Open dan Remtenis 66 Jakarta.

Petenis asal Manado, Sulawesi Utara, Keila Mangesti Paath berhasil merebut tahta singgasana tertinggi PNP Kelompok Umur 14 tahun putri dari tangan petenis asal Blitar, Jawa Timur, Aurelya Chamsiayu yang melorot ke posisi 2.

Keila Mangesti Paath secara total mengemas 79,625 poin yang didapatnya dari mengikuti 18 turnamen. Sementara Aurelya Chamsiayu mengoleksi total 70.5 poin yang berasal dari 10 turnamen yang diikutinya. 

Urutan ke 3 hingga 10 PNP Kelompok Umur 14 tahun putri adalah: Sekar Vinda Khairunnisa (Cilacap, Jawa Tengah), Freya Athallah (Banjarnegara, Jawa Tengah), Putu Kevalaih Kirana Ayu Pribadi (DKI Jakarta), Nazwa Syamsabila (Ciamis, Jawa Barat), Dinda Nurmayanda (Banjarnegara, Jawa Tengah), Kholisa Siti Maisaroh (Kudus, Jawa Tengah), Bunga Nuraini (Surabaya, Jawa Timur) dan Aluna Sagita Azzahra (Gresik, Jawa Timur).

Tiga besar pemuncak PNP Kelompok Umur 16 tahun putri masih diduduki oleh Diah Ayu Novita Yosri Saputri dari Pati, Jawa Tengah, kemudian Rara Sima Kusuma asal Semarang, Jawa Tengah dan Carrolina Martha Sanjaya dari Magelang, Jawa Tengah. Diah Ayu Novita Yosri Saputri mengumpulkan total 87,75 poin dari 13 turnamen yang diikutinya, sementara Rara Sima Kusuma mengumpulkan total 45 poin dari 8 turnamen sedangkan Carrolina Martha Sanjaya meraup total 38,75 poin dari 2 turnamen yang diikutinya.

Urutan ke 4 hingga 10 PNP Kelompok Umur 16 tahun putri adalah: Laili Rahmawati Ulfa (Sukoharjo, Jawa Tengah), Jeanette A Hartono (Bandung, Jawa Barat), Niken Ferlyana Kusumaningtyas (Pati, Jawa Tengah), Safa Dheani (Kudus, Jawa Tengah), Nadya Dhaneswara (Kudus, Jawa Tengah), Aulia Risma Widyaningsih (Purwodadi, Jawa Tengah) dan Carrisa Saltsa Hardaning (Cilacap, Jawa Tengah).

Petenis kelahiran 29 Mei 2003, Priska Madelyn Nugroho, menduduki puncak daftar PNP Kelompok Umur 18 tahun putri. Priska yang pada bulan Januari 2019 kan berlaga di turnamen grand slam Australia Terbuka yunior, mengemas total poin sebesar 430 yang didapatnya dari mengikuti 7 turnamen.

Dibawa nama Priska ada petenis asal DKI Jakarta lainnya, Janice Tjen, yang memiliki pundi-pundi poin sebesar 228,75 yang dikumpulkannya dari 8 turnamen yang diikutinya. 

Urutan ke 3 hingga 10 PNP Kelompok Umur 18 tahun putri adalah: Fitriani Sabatini (DKI Jakarta), Jessica Christa Wirahadipoernomo (Semarang, Jawa Tengah), Fadona Titalyana Kusumawati (Kalimantan Selatan), Fitriana Sabrina (DKI Jakarta), Nur Rosida Mega Hadiati (Blora, Jawa Tengah), Niken Ferlyana Kusumaningtyas (Pati, Jawa Tengah), Felicia Halim (DKI Jakarta) dan Nadya Dhaneswara (Kudus, Jawa Tengah).

Baca juga: Bupati Cup Tulungagung 2018: Inilah Para Juaranya

Demikian daftar Peringkat Nasional PELTI (PNP) bulan Desember 2018. Selanjutnya sangat menarik untuk kita simak PNP bulan Januari 2019 karena merupakan PNP awal tahun yang bakal terjadi pergeseran karena kenaikan kelompok umur dari beberapa petenis yang usianya telah melewati batas kelompok umur sebelumnya. Mari kita nantikan PNP Januari 2019. (arayana)