Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tennis Asian Games Hangzhou: Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat Buka Peluang Kembali Sabet Medali

arayanaNews.com, Hangzhou, China  Duo petenis papan atas Indonesia, Aldila Sutjiadi dan Christopher Benjamin Rungkat, sukses memijakkan kaki ke babak kuarterfinal nomor ganda campuran cabang olahrag (cabor) tenis Asian Games 2022 (diselenggarakan tahun2023) yang tengah berlangsung di Hangzhou, China.

Dila dan Christo, begitu pasangan peraih medali emas sektor ganda campuran cabor tenis Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang itu lebih kerap dipanggil, berhak mengantongi tiket babak delapan besar, menyusul kemenangan yang mereka petik atas pasangan Thailand, Peangtarn Plipuech/Pruchya Isaro.

Pada laga yang dipertandingkan di Hangzhou Olympic Sports Center, Hangzhou, China, hari Rabu (27 September 2023) petang WIB, Dila/Christo yang pada Asian Games 2022 ini menempati posisi seeded kelima, mendepak wakil Negeri Gajah Putih itu lewat pertaringan alot rubber set yang berkesudahan dengan skor 6-2, dan 5-7, 10-5.

Dila/Christo mengawali set pertama dengan dengan cukup baik. Serangkaian variasi serangan yang mereka lancarkan langsung membuat Plipuech/Isaro pontang panting. Dila/Christo seperti tak memberi kesempatan sedikitpun pada lawan untuk mengembangkan permainan. Duo atlet tenis Garuda sangat dominan atas pasangan Thailand di set pertama. Dila/Christo pun tanpa kesulitan berarti menutup set tersebut dengan skor 6-2.

Hampir seperti set pertama, Dila/Christo membuka set kedua dengan apik. Duet peraih medali emas nomor ganda campuran SEA Games 2023 Kamboja itu langsung melesat unggul 2-0 atas Plipuech/Isaro. 

Akan tetapi setelah itu pasangan Thailand mencoba untuk bangkit dan mulai menemukan bentuk permainan terbaik mereka. Pertandingan pun mulai berjalan alot lantaran kedua pasangan terlibat saling kejar-mengejar poin. Mereka sempat bermain imbang hingga kedudukan sama kuat 4-4. Dila/Christo sempat kembali memimpin 5-4, namun berhasil disamakan oleh lawan menjadi 5-5.

Plipuech/Isaro mampu membalikan keadaan dan unggul 6-5. Sampai akhirnya, mereka menggembok set kedua dengan skor 7-5. Dengan begitu maka laga harus diselesaikan dengan menggelar set penentu.

Pada awal set ketiga yang menggunakan format super tie breakDila/Christo langsung ngegas dan seakan tak mau mengalungai kesalahan seperti set sebelumnya, dengan memberi kesempatan lawan menemukan perminan terbaik mereka. Pasangan Merah Putih melesat dan mengungguli Plipuech/Isaro dengan skor telak 4-1. Dila/Christo makin percaya diri dan mampu meraup angka demi angka hingga akhirnya berhasil mengunci set penentu dengan skor akhir 10-5.

Kemenangan atas Plipuech/Isaro ini membawa Dila/Christo maju ke babak perempatfinal. Selanjutnya mereka harus berjibaku menghadapi lawan yang tak ringan, yaitu pasangan seeded ketiga, Chan Hao-Ching/Hsu Yu Hsiou dari Republik Tiongkok. 

Duo kakak beradik itu sudah memastikan diri melangkahkan kaki lebih dulu ke babak delapan besar setelah melibas wakil Hong Kong, Eudice Chong/Coleman Wong, straight set 6-2, 6-4.

     Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat bersama tokoh tenis Indonesia Rildo Ananda Anwar
tenis ganda campuran Asian Games Hangzhou