Bagi Olahragawan Yang Alami Kaku Disekujur Tubuh dan Sulit Digerakkan, Coba Tip dari dokter Samuel Berikut Ini...

arayanaNews, Jakarta, 20 Februari 2020 - Rabu siang 19 Februari 2020 lalu, di salah satu klinik perawatan kulit terbaik di Indonesia, klinik Dokterkulitku, nampak berkumpul beberapa legenda bulutangkis dan tenis Indonesia. Ada nama-nama besar seperti Haryanto Arbi, Rudy Heryanto, Eddy Hartono Arbie, Tan Joe Hok, Yustedjo Tarik dan Samuel Lucas Simon.

dr. Samuel Lucas Simon, Sp.KK bersama beberapa legenda olahraga Indonesia di klinik Dokterkulitku
Setelah makan siang bersama, para pahlawan bulutangkis dan tenis itu kemudian menjalani terapi sport massage karena diantara mereka ada yang mengeluhkan sakit dan kaku disekujur badan. Kemungkinan selama ini mereka kurang memperhatikan kelenturan otot serta latihan peregangan. Nyeri otot dan nyeri pinggang dianggap hal wajar yang lama kelamaan bisa menyiksa diri sendiri. 

Usai di-massage, badan para patriot olahraga itu terasa jauh lebih enak dan kekakuan otot berkurang. 

"Itulah karena banyak ketidaktahuan dari para Olahragawan bagaimana mendapatkan terapi yang benar, makanya tadi saya panggilkan fisioterapis merangkap pelatih pilates untuk melakukan Sport Massage di klinik saya. Semua merasa jauh membaik setelah diurut." tutur dr. Samuel Lucas Simon, Sp.KK, kepada arayanaNews, Rabu (19 Februari 2020).

"Kalau kita hanya pergi ke fisioterapis kebanyakan hanya bisa pake alat, antara lain dipanasin pakai ultra sound dan lain-lain, yang diperlukan adalah pengurutan otot-otot yang kaku dan itu harus dilakukan oleh fisioterapis yang benar-benar kompeten." lanjut pemilik klinik Dokterkulitku tersebut.

"Harus latihan pilates untuk stretching dan strengthening karena dipastikan otot-otot Olahragawan pada kaku dan membatasi ruang gerak. Lihat seberapa lenturnya Djokovic karena dia juga latihan pilates. Saya juga latihan pilates seminggu dua kali untuk stretching otot-otot punggung yang kaku juga melenturkan serta menguatkan otot." imbuh petenis veteran yang saat ini nangkring di peringkat 118 dunia kelompok umur 65 tahun ITF (International Tennis Federation).

Dokter Samuel mengungkapkan bahwa Rudy Haryanto dan Haryanto Arbie diurut lantaran mereka mengeluh sakit pinggang dan badan terasa kaku. Setelah diurut ditempat yang belum pernah dilakukan sebelumnya, keduanya sempat merasa  kesakitan, akan tetapi setelah itu keluhan mereka seketika lenyap.

"Itu Eddy Hartono mengeluh sakit lutut, saya cek ternyata dia tidak bisa mengaktifkan otot yang menyangga lutut. Dan itu bisa dilatih dengan latihan pilates." tuturnya.

"Yustedjo pernah telpn saya, dia sakit pinggang sampai ngga bisa pakai celana,  padahal besoknya dia harus ke Makassar untuk bawa obor Asian Games. Saya panggilkan fisioterapis ya diurut beres langsung hilang sakit pinggangnya." kenang dokter Samuel.

Walaupun dr. Samuel adalah seorang dokter kulit, namun pengalamannya sebagai seorang olahragawan membuat dirinya menjadi sangat paham dengan berbagai cedera yang kerap mendera seorang atlet, sekaligus tahu bagaimana mencegah dan mengatasi cedera.


"Saya pernah cedera yang membuat tidak bisa jalan dan sudah mencoba beberapa cara yang biasa dilakukan ke dokter bedah saraf, ortoped, pain therapist, chiropractor, akhirnya ya pilates yang menyembuhkan. Jadi dalam hal cedera, saya sudah sangat tahu, kedua lutut sayapun sudah pernah dioperasi, jadi sudah tahu benar dah mengenai cedera lutut apa yang harus dilakukan setelah operasi." pungkasnya.

Wah ternyata tidak hanya wajah saja yang perlu dirawat, namun otot yang menyangga tulang juga harus dirawat, salah satunya dengan rutin latihan pilates. Bila diperlukan bisa pula coba terapi Sport Massage, tetapi tentu harus dilakukan oleh fisioterapis yang benar-benar kompeten ya. Salam Sehat, Cantik dan Ganteng. Salam Olahraga.

Baca juga Jadwal Turnamen dan Info Tenis Terkini lainnya

0 Response to "Bagi Olahragawan Yang Alami Kaku Disekujur Tubuh dan Sulit Digerakkan, Coba Tip dari dokter Samuel Berikut Ini..."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel