Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Medco International Junior Championships 2019 Diikuti Oleh Petenis Yunior dari 12 Negara

arayanaNews, Palembang, 19 Agustus 2019 - Petenis yunior yang datang dari 12 negara akan tampil meramaikan gelaran turnamen tenis yunior International Tennis Federation (ITF) bertajuk "Medco International Junior Championships 2019". 


Gunawan Trismuwantara
Kejuaraan yang masuk dalam agenda kompetisi resmi Federasi Tenis
Internasional, ITF World Tennis Tour Junior dengan level Grade 5 itu bakal digelar di Stadion Tenis Bukit Asam, Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan mulai tanggal 19 sampai dengan 25 Agustus 2019.

“Alhamdulillah, tahun ini Indonesia mendapat tambahan satu turnamen dalam kalender kompetisi resmi ITF. Dan kami bersyukur karena event baru ini berhasil menarik minat banyak peserta dari mancanegara,” ujar Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti), Lani Sardadi kepada awak Media, Minggu (18 Agustus 2019).

Selain petenis Indonesia, Medco Internasional Championships 2019 diikuti juga oleh petenis yang datang dari beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. Negara-negara tenis terkemuka di kawasan Asia Pasifik, yakni Jepang, China, China Taipei, Hong Kong, Korea Selatan dan India serta Australia juga mengirimkan petenisnya. Sedangkan dari benua Eropa, hadir petenis asal Jerman.

Menilik Acceptance List pada laman ITF Junior per 15 Agustus 2019, petenis Malaysia, Jian Keong Takeshi Koey, yang bercokol di ranking 575 yunior dunia menempati posisi unggulan kesatu nomor tunggal putra, diikuti petenis dari China Taipei, Ming Chieh Chiu yang didapuk sebagai seeded kedua. Andalan Merah Putih, yaitu Rifqy Sukma Ramadhani, Nauvaldo Jati Agatra dan Ari Fahresi serta Gunawan Trismuwantara menguntit di posisi berikutnya.

Di sektor putri, Xinyue Hu dari China yang menduduki peringkat ke 483 yunior dunia ditempatkan sebagai unggulan teratas, disusul kemudian oleh Chui Kei Leung asal Hong Kong dan petenis Indonesia, Jessica Christa Wirahadipoernomo berperingkat 956 -ITF Junior, Xintong Zhou (China), Honoko Umeda (Jepang), Cartika Wisesha Dewi Larasati dan Nur Rosida Mega Hadiati (Indonesia) serta Hannah Seen Ean Yip dari Malaysia.

"Semoga petenis yunior Indonesia mampu memanfaatkan turnamen ini sebaik-baiknya untuk secara perlahan membangun ranking internasional mereka,” imbuh Lani.

Dengan digelarnya Medco International Junior Championships 2019 ini, mencatatkan Palembang menjadi satu-satunya kota di luar Pulau Jawa yang memiliki kejuaraan tenis bertitel ITF World Tennis Tour Junior di Tanah Air. Dan Stadion Tenis Bukit Asam kembali digunakan menjadi arena berskala internasional pasca penyelenggaraan SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan Davis Cup 2015 serta Asian Games 2018.

Baca juga: Info terkini dari ajang Medco International Junior Championships 2019

"PP Pelti sangat mengapresiasi kepedulian PT MedcoEnergi Internasional Tbk dalam mendukung program pembinaan tenis, khususnya kelompok yunior yang menjadi bagian penting dalam membangun olahraga ini di Indonesia,” kata Lani Sardadi diakhir keterangan persnya. (arayana)