Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Petenis Musi Banyuasin Borong Gelar Juara

Palembang, 26 Nopember 2018 . Petenis yunior Musi Banyuasin (Muba) berhasil keluar sebagai juara umum pada kejuaraan nasional (kejurnas) RemajaTenis Sumsel XVII yang berlangsung sejak 23 hingga 25 November 2018 di lapangan tenis Pemkot Palembang.



Juara KU 18 Tahun Putra
Kejurnas RemajaTenis Sumsel XVII
Enam gelar juara diborong oleh petenis Muba yaitu pada nomor Tunggal putra kelompok umur (KU) 10 tahun, tunggal putra KU 12 tahun, tunggal putri KU 12 tahun, tunggal putra KU 16 tahun, khusus nomor tunggal putra dan putri KU 18 tahun semua gelar disapu bersih oleh para petenis yunior Muba.

Sebagai penutup acara disuguhkan babak final tunggal putra 18 tahun yang mempertandingkan antara Jones Pratama (Muba) kontra petenis Baturaja, Irvan Fadli. Partai pamungkas tersebut dimenangkan oleh  Jones Pratama, straight set 7-6(2) dan 6-2.

Diawal laga Jones tampil cukup agresive sehingga mampu unggul 4-2. Tetapi Irvan berusaha tetap tampil tenang dan sabar sehingga bisa mengatasi bola-bola tanggung yang dilesakkan oleh Jones. Keuletan Irvan membuahkan hasil dengan membalikkan keadaan jadi 6-5 untuk dirinya.

Namun sayangnya Irvan kurang didukung dengan stamina yang bagus sehingga Jones Pratama mampu kembali memegang kendali pertandingan dan sekaligus menutup set pertama dengan skor 7-6(2).

Pada set kedua, Jones yang sudah diatas angin langsung melesat memimpin perolehan poin hingga 5-0. Akan tetapi Irvan tak tinggal diam dan berusaha untuk bangkit. Irvan sempat mencuri dua set untuk mengejar ketertinggalan. Namun Jones segera bangkit dan menghentikan laju lawannya itu. Petenis Muba itu segera menuntaskan set yang kedua dengan skor 6-2 untuk sekaligus merengkuh gelar juara dan mendapatkan piala, piagam serta hadiah istimewa berupa raket Wilson yang merupakan bantuan Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP PELTI).

Petenis Muba lainnya, Rizky Mubaraq juga tampil sebagai juara di KU 10 tahun putra setelah dirinya memenangi laga bertajuk all Muba's final kontra rekan sedaerahnya, Fidel Castro dengan skor 8-1.

Gelar juara KU 10 tahun putri disabet oleh petenis asal Bengkulu, Raden Ayu Deva Kusuma Ningrum yang membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan teratas, Sherena Valencia dari Muba, 8-1.

Muhammad Nabil dari Muba keluar menjadi juara KU 12 tahun putra setelah di laga final menaklukkan petenis tuan rumah, Rei Dafi Putra, 8-1. Sementara gelar juara KU 12 putri direngkuh oleh Naiila Putri Fakhira asal Muba setelah di laga all Muba's final lainnya, Naiila membukukan kemenangan atas Raisya Fayyaza Azzahra, 8-5.

Kejutan terjadi di KU 14 tahun putra dengan munculnya petenis Lahat, Wong Ara Dewanata sebagai juara. Wong jadi yang terbaik menyusul kemenangan yang dipetiknya pada laga final melawan Rafael Ramadhan asal Lubuklinggau, straight set 7-5 dan 6-4. 

Tiara Regita menyelamatkan muka tuan rumah setelah berhasil tampil sebagai juara KU 14 tahun putri. Tiara menjadi juara berkat kemenangan yang diraihnya atas rekannya asal Palembang, Dwi Rahmasari, dalam dua set langsung 6-3 dan 6-0.

Gelar Juara KU 16 tahun putra juga dibawa pulang ke kabupaten Musi Banyuasin setelah Syahrul Ramadhan keluar sebagai juara.  Di babak final, Syahrul mengandaskan asa petenis tuan rumah Rido Dwi Julianto, straight set 6-4 dan 6-2.

Finasti Kusuma Dewi melengkapi kedigdayaan kabupaten Musi Banyuasin di kejurnas RemajaTenis Sumsel XVII dengan berhasil menjadi juara di kelompok umur 18 tahun putri. Finasti menyabet gelar juara menyusul kemenangan yang ditorehkannya atas petenis tuan rumah, Kannaya Firla Putri dengan skor telak, 6-1 dan 6-0.

Tampak hadir di final Kejurnas RemajaTenis Sumsel XVII , H.Asnawi yang merupakan Ketua Harian Pengda PELTI Sumatera Selatan, beliau ikut menyemarakkan turnamen ini.

"Kami tetap mendukung kegiatan RemajaTenis. Semoga tenis di Sumsel bisa berkembang." ujar H.Asnawi kepada Promotor RemajaTenis August Ferry Raturandang.

Disamping itu Pengcab PELTI Kota Palembang yang diwakili oleh Bambang Harsono, dalam acara ini menyampaikan dukungannya pada kegiatan RemajaTenis di Palembang. "Salam dari Ketua Pengcab PELTI Palembang yang sedang berada diluar kota." kata Bambang Harsono.

Baca juga: Siswi SMP YIMI Gresik Kembali Ukir Prestasi Tenis Tingkat Nasional

Hal yang menarik di kejurnas RemajaTenis Sumsel XVII adalah setiap juara mendapatkan hadiah khusus berupa raket tenis Wilson yang merupakan sumbangan dari PP PELTI.

"Kami kira bercanda ada hadiah raket" ujar salah satu orangtua peserta disela-sela penyerahan hadiah bagi para juara.