Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ryan Tanujoyo: Tim Fed Cup Junior Indonesia Akan Bermain All Out Untuk Mendapatkan Posisi 7

Setelah harus mengakui keunggulan Australia di laga play off perebutan peringkat 5-6, Tim Fed Cup Junior Indonesia masih berpeluang memperbaiki ranking untuk merebut posisi ke 7 kontra Kanada.


Priska Madelyn Nugroho/Nadya Dhaneswara
Vs Olivia Gadecki/Anastasia Berezov
foto doc Ryan Tanujoyo
Pada laga play off perebutan peringkat 5-6 putaran final junior Fed Cup World Group 2018 yang tengah dihelat di Budapest, Hungaria, Skuad Merah Putih yunior menyerah 0 - 3 dari tim yunior negeri Kanguru.

Janice Tjen yang dimainkan sebagai tunggal kedua, takluk pada Anastasia Berezov setelah bertarung ketat selama tiga set yang berkesudahan dengan skor 4-6, 7-5 dan 3-6. Berikutnya tunggal pertama tim Indonesia, Priska Madelyn Nugroho, kalah tipis dari Olivia Gadecki, 4-6 dan 5-7.

Di nomor ganda, Ryan Tanujoyo mencoba formasi baru dengan menurunkan Priska Madelyn Nugroho yang berpasangan dengan Nadya Dhaneswara. Duet ini bermain cukup apik dan mampu memaksa ganda Australia, Olivia Gadecki/Anastasia Berezov, harus bersusah payah dan bertarung sengit untuk dapat mengalahkan mereka. Priska Madelyn Nugroho/Nadya Dhaneswara kalah melalui laga sengit yang harus diselesaikan lewat super tie break dengan skor ketat, 7-6 (4), 4-6 dan [9-11].

"Kita kalah tipis. Dari dua single rubber memang keberuntungan ada di pihak Australia. Mudah-mudahan kekalahan dari Australia kemarin dapat menjadi pengalaman berharga bagi pemain kita untuk bisa berkembang lebih baik lagi ke depannya.." tulis Ryan Tanujoyo, kapten merangkap pelatih Tim Fed Cup Junior Indonesia, dalam keterangan persnya yang diterima oleh arayanaNews (30/9).

Kendati takluk pada Australia, namun hasil yang dibukukan oleh Janice Tjen dan kawan-kawan pada laga ini jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan pertemuan pertama kedua tim yunior kala bersua di penyisihan zona Asia/Oceania bulan April lalu. Kala itu Priska dan kawan-kawan kalah telak lawan Australia.

Priska Madelyn Nugroho Vs Olivia Gadecki
Berikutnya skuad Merah Putih yunior bakal memperebutkan posisi ke 7 melawan Kanada. Sebelumnya kedua tim yunior pernah berjumpa yaitu di laga pamungkas penyisihan Grup C beberapa hari yang lalu. Saat itu tim Fed Cup Junior Indonesia harus mengakui keunggulan Kanada yang merupakan seeded 4 dengan skor tipis 1-2.

"Hari ini kita perebutan peringkat 7-8 lawan Kanada lagi. Kita akan bermain all out untuk mendapatkan posisi 7." kata Ryan Tanujoyo melalui pesan singkat WhatsApp.

Sebelum mengakhiri keterangan persnya, tak lupa pelatih muda asal Bandung tersebut meminta dukungan serta doa dari seluruh pecinta tenis di Indonesia agar Tim Fed Cup Junior Indonesia dapat meraih hasil yang maksimal sesuai harapan kita bersama. 

Hasil pertandingan Tim Fed Cup Junior Indonesia di putaran final junior Fed Cup World Group 2018:

Hari Pertama: Vs Argentina: 2 - 1

Janice Tjen Vs Julia Riera 6-1, 3-6 dan 6-1
Priska Madelyn Nugroho Vs Geller 3-6 dan 4-6
Priska Madelyn Nugroho/Janice Tjen Vs Ana Geller/Julia Riera 6-2 dan 6-0

Hari Kedua: Vs Hungaria: 3 - 0

Janice Tjen Vs Anastasia Petrova 6-3 Vs 6-1
Priska Madelyn Nugroho Vs Natalia Szabanin 6-3 dan 6-2
Priska Madelyn Nugroho/Janice Tjen Vs Anastasia Petrova/Dorka Szabo 6-4 dan 6-2

Hari Ketiga: Vs Kanada: 1 - 2

Janice Tjen Vs Jada Bui 7-6 (4) dan 6-3
Priska Madelyn Nugroho Vs Leylah Fernandez 4-6 dan 2-6
Priska Madelyn Nugroho/Janice Tjen Vs Leylah Fernandez/Jada Bui 2-6 dan 6-7 (1)

Hari Keempat Vs Slovakia 0 - 3
Babak 8 Besar (play off perebutan peringkat 1 s/d 8)

Janice Tjen Vs Nina Stankovska 1-6 dan 1-6
Priska Madelyn Nugroho Vs Romana Cisovska 5-7 dan 4-6

Janice Tjen/Nadya Dhaneswara Vs Nina Stankovska/Eszter Meri 7-6 (4), 4-6 dan 5-10

Hari Kelima Vs Australia 0 - 3
Play off perebutan peringkat 5 s/d 8

Janice Tjen Vs Anastasia Berezov 4-6, 7-5 dan 3-6.
Priska Madelyn Nugroho Vs Olivia Gadecki, 4-6 dan 5-7
Priska Madelyn Nugroho/Nadya Dhaneswara  Vs Olivia Gadecki/Anastasia Berezov 7-6 (4), 4-6 dan [9-11].