Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rafli Zulkarnaen Perebutkan Peringkat 7 "ITF Asia 14 & Under Closed Championships"

Kendati gagal pada semifinal perebutan peringkat ke 5, namun salah satu petenis yunior putra andalan Indonesia, Rafli Zulkarnaen, masih berkesempatan untuk memperebutkan ranking 7 kejuaraan Tenis Junior Internasional bertajuk "ITF Asia 14 & Under Closed Championships".


Rafli Zulkarnaen
foto doc Nyoman Magha Putra
Pada laga semifinal perebutan peringkat ke 5, Rafli yang berjibaku kontra seeded 2, Aman Dahiya dari India, harus mengakui keunggulan lawannya itu, straight set, 4-2 dan 4-0. Akan tetapi kekalahan itu tidak lantas membuat langkah petenis yunior dari Jawa Timur tersebut terhenti. Rafli masih berpeluang memperbaiki peringkat dengan bertarung menghadapi seeded 8, Curtis Hong Tseng Tan dari Hong Kong.

Di kejuaraan tenis junior internasional yang di helat di Bangkok, Thailand ini, Rafli Zulkarnaen sukses melaju hingga ke babak perempat final. Namun sayangnya langkah petenis yunior berbakat asal Sidoarjo itu tak berlanjut ke babak semifinal setelah pada laga 8 besar harus mengakui keunggulan seeded 4, Min Seong Kim dari Korea Selatan. 

Sebelumnya, di babak kedua Rafli berhasil menumbangkan unggulan ke 7, Chaturya Nilaweera dari Nepal, dua set langsung, 6-4 dan 6-4. Kemudian di babak ketiga, petenis kota Delta kelahiran 18 Februari 2004 itu mengalahkan petenis yunior Syria, Mohamad Yaman Naghnagh, juga dalam dua set langsung, 6-3 dan 6-4.

Sementara di kelompok putri, Samantha Edison yang pada babak pertama mendapatkan bye, di babak kedua takluk dari seeded 3 asal Lebanon, Maria Brady, 3-6 dan 4-6. Sedangkan Komang Gina Kusuma yang bertarung menghadapi unggulan 8, Vichtraporn Vimuktanada dari Thailand, menyerah dengan skor 3-6 dan 0-6.

Dengan hasil tersebut, Samantha Edison dan Komang Gina Kusuma tetap berkesempatan melanjutkan kiprahnya di turnamen ini dengan memperebutkan peringkat 17 - 24. 

Pada babak ketiga perebutan ranking 17-24, Komang Gina Kusuma berhasil mengandaskan perlawanan petenis yunior Vietnam, Han Thu Thu Htet Han Thu Thu Htet, straight set, 4-1 dan 4-2. Akan tetapi di perempat final, petenis asal Bali itu harus mengakui keunggulan petenis yunior Uzbekistan, Marimova Farida, 4-0 dan 4-1.

Sementara Samantha Edison di babak ketiga perebutan peringkat 17-24, membukukan kemenangan atas petenis yunior Syria, Kayal Lina, dua set langsung, 4-1 dan 4-1. Namun sama dengan Komang Gina Kusuma, langkah adik Alvin Edison itu juga terhenti setelah takluk pada petenis asal Iran, Dorsa Cheraghi, 4-1 dan 4-2.

Berikut adalah skuad Merah Putih yunior yang akan diterjunkan pada kejuaraan Tenis Junior Internasional "ITF Asia 14 & Under Closed Championships":

Putra: 
  1. Claudio Renardi Lumanaw (DKI Jakarta).
  2. Rafli Zulkarnaen (Jawa Timur).
Putri:
  1. Samantha Edison (Jawa Barat).
  2. Komang Gina Kusuma (Bali).
Pelatih:
  • Nyoman Magha Putra (Jawa Timur).