Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rafli Zulkarnaen Melaju Ke Babak 8 Besar "ITF Asia 14 & Under Closed Championships"

Hasil gemilang sukses ditorehkan oleh petenis yunior andalan Indonesia, Rafli Zulkarnaen, dengan melangkah ke babak perempat final kejuaraan Tenis Junior Internasional bertajuk "ITF Asia 14 & Under Closed Championships".


Rafli Zulkarnaen
ITF Asia 14 & Under Closed Championships
foto doc Nyoman Magha Putra
Petenis yunior asal Jawa Timur itu menjejakkan kakinya di kuarter final setelah berhasil menyingkirkan lawan-lawannya. Mendapatkan bye di babak pertama, di babak berikutnya Rafli harus berjibaku kontra seeded 7, Chaturya Nilaweera dari Nepal. Rafli secara meyakinkan mendepak unggulan ke 7 itu dalam dua set langsung, 6-4 dan 6-4.

Di babak ketiga, Rafli berjumpa petenis yunior Syria, Mohamad Yaman Naghnagh, yang melenggang ke babak ketiga setelah menghempaskan unggulan 12, Islam Orynbasar dari Kazakhstan, straight set, 6-0 dan 6-4. Tetapi Yaman Naghnagh tak berdaya menghadapi Rafli Zulkarnaen. Petenis Sidoarjo kelahiran 18 Februari 2004 itu mengandaskan perlawanan Yaman Naghnagh juga dalam dua set langsung, dengan skor akhir 6-3 dan 6-4.

Dengan hasil ini maka Rafli berhak tampil di babak perempat final dan akan menghadapi lawan tangguh dari Korea Selatan, Min Seong Kim, yang di turnamen ini didaulat sebagai unggulan keempat. Min Seong Kim meraih tiket babak 8 besar setelah pada babak kedua menaklukkan Said Akbarov dari Uzbekistan dengan skor 7-6(5) dan 6-3. Kemudian di babak ketiga, Min Seong Kim membekuk seeded 16 asal Thailand, Thanaphat Boosarawongse, dengan kemenangan telak 6-0 dan 6-0.


Samantha Edison Vs Maria Brady
Namun sayangnya hasil gemilang yang ditorehkan oleh Rafli Zulkarnaen tak diikuti oleh rekan-rekannya. Claudio Renardi Lumanaw di babak pertama harus mengakui ketangguhan petenis yunior Vietnam, Ngoc Lam Cao, straight set 6-4 dan 6-0. Sementara di kelompok putri, Samantha Edison yang dibabak pertama mendapatkan bye, pada babak kedua menyerah ditangan unggulan ke 3 asal Lebanon, Maria Brady, 3-6 dan 4-6. Sedangkan Komang Gina Kusuma yang bertarung menghadapi seeded 8, Vichtraporn Vimuktanada dari Thailand, takluk dengan skor 3-6 dan 0-6.

"Rafli Zulkarnaen lolos ke 8 besar, Claudio Renardi Lumanaw placement di 33-36, Samantha Edison dan Komang Gina Kusuma placement di 17-24." ujar Nyoman Magha Putra, pelatih skuad Merah Putih yunior, dalam keterangan persnya yang diterima oleh arayanaNews (19/9).

Berikut adalah skuad Merah Putih yunior yang akan diterjunkan pada kejuaraan Tenis Junior Internasional "ITF Asia 14 & Under Closed Championships":

Putra: 
  1. Claudio Renardi Lumanaw (DKI Jakarta).
  2. Rafli Zulkarnaen (Jawa Timur).
Putri:
  1. Samantha Edison (Jawa Barat).
  2. Komang Gina Kusuma (Bali).
Pelatih:
  • Nyoman Magha Putra (Jawa Timur).
Semoga kesuksesan yang di raih oleh duet Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi meraih medali emas nomor ganda campuran di pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018, dapat menular ke timnas tenis yunior U14 Indonesia yang berjuang di kejuaraan Tenis Junior Internasional "ITF Asia 14 & Under Closed Championships". Khususnya bagi Rafli Zulkarnaen yang hari ini akan bertarung menghadapi petenis Korea Selatan, Min Seong Kim. (arayana)