Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WTA Future Stars: Komang Gina Kusuma Juara Tunggal KU 14

Komang Gina Kusuma Dewi, petenis yunior andalan tuan rumah, menampilkan permainan terbaiknya untuk menyabet gelar juara tunggal putri turnamen WTA Future Stars di Bali.


WTA Future Stars:
Komang Gina Kusuma Juara Tunggal KU 14
Pada pertandingan babak final yang digelar, Sabtu 23 Juni 2018, Komang Gina Kusuma Dewi mengalahkan petenis yunior dari Pati, Jawa Tengah, Diah Ayu Novita.

Pada partai puncak ideal yang mempertemukan Diah Ayu Novita sebagai unggulan pertama menghadapi Komang Gina Kusuma Dewi yang menempati posisi unggulan kedua tersebut, Gina berhasil mengalahkan Diah Ayu yang juga pasangannya di nomor ganda itu dengan kemenangan dua set langsung, 6-3, dan 6-4. 

“Tentu saja senang, tapi saya ingin ikut banyak turnamen, mengejar poin Peringkat Nasional (PNP) teratas agar bisa mewakili Indonesia pada babak final WTA Future Stars di Singapura,” ujar Komang Gina yang sekarang bertengger di posisi 15 Peringkat Nasional PELTI (PNP).

Akan tetapi, siswi kelas IX SMP Negeri 1 Sukasada itu sadar bahwa tidaklah mudah untuk mewujudkan keinginannya itu.

“Selalu terbentur masalah biaya, karena pasti butuh modal besar untuk mengikuti banyak bertanding di berbagai turnamen di luar Bali,” ucap petenis yunior yang tahun ini baru mengikuti tiga turnamen nasional.

“Hanya sekali yang di luar Bali, itu pun hanya ke Jember (Jawa Timur) yang cukup dekat jaraknya dari Bali,” pungkasnya.

WTA Future Stars yang berlangsung di lapangan tenis KONI Bali, mulai 19 hingga 23 Juni 2018 itu adalah turnamen kualifikasi petenis putri Kelompok Umur (KU) 14 dan 16 tahun untuk menjadi wakil Indonesia. Satu petenis terbaik pada masing-masing kategori akan terpilih mewakili Merah Putih untuk bersaing pada laga final di Singapura, Oktober mendatang.


“Turnamen kualifikasi WTA Future Stars ini akan menambah jam bertanding petenis putri Indonesia KU 14 dan 16 agar mampu bersaing dengan petenis terbaik dari 21 negara kawasan Asia Pasifik pada laga final di Singapura,” ujar Susan Soebakti, selaku Direktur Turnamen WTA Future Stars Indonesia.

Kendati demikian, lanjut Wakil Sekretaris Jenderal PP Pelti ini, juara dari event ini tidak serta-merta menjadi wakil Merah Putih pada ajang yang digelar mengawali laga delapan petenis putri terbaik dunia dalam BNP Paribas WTA Finals Singapore yang disajikan oleh SC Global di Singapore Indoor Stadium.


“Indonesia akan mengirimkan satu petenis terbaik KU 14 dan 16 berdasarkan Peringkat Nasional Pelti (PNP) per 4 September 2018. Adapun peserta turnamen kualifikasi ini menjadi prioritas bila memiliki poin PNP yang sama,” imbuh Susan Soebakti dalam keterangan pers yang diterima arayanaNews.


Hasil Lengkap turnamen WTA Future Stars Kelompok Umur 14 tahun:

Diah Ayu Novita Vs Ni Pt Ayu Natasya: 6-0, Dan 6-1.
Manik Rakarna Vs Zoelfanka Rosana Saputra: 6-3, dan 7-6 (6).
Manik Rakarna Vs Nailah Rahma Sabina: 6-1, dan 6-0. 
Diah Ayu Novita Vs Manik Rakarna: 6-1, dan 6-1.

Komang Tria Mulyani Vs Ni Putu Satya Rikayanti: 6-3, dan 6-3.
Zelda Garcia Muttaqim Vs Komang Tria Mulyani: 7-5, dan 6-2.
Sinta Juna Vs Nurhadanah Salsabila: 6-2, dan 6-0.
Komang Gina Kusuma Dewi Vs Sinta Juna: 6-2, dan 6-2.
Komang Gina Kusuma Dewi Vs Zelda Garcia Muttaqim: 6-1, dan 6-1.

Final: Diah Ayu Novita Vs Komang Gina Kusuma Dewi: 3-6, dan 4-6.

Baca juga: