Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prancis Terbuka: Tekuk Rafael Nadal, Novak Djokovic Melenggang ke Babak Final

arayanaNews.com, Paris, Prancis, 12 Juni 2020 - Petenis ranking satu ATP (Association of Tennis Professionals -red), Novak Djokovic memastikan diri melangkah ke babak pamungkas Prancis Terbuka 2021. Berduel melawan Rafael Nadal, Djovokic membukukan kemenangan 3-6, 6-3, 7-6 (4) dan 6-2 pada babak empat besar yang berlangsung di Roland Garros, Sabtu (12 Juni 2021) dini hari WIB.

Rafael Nadal sebenarnya mengawali pertandingan pada set pertama dengan meyakinkan. Bahkan Nadal nyaris menghadiahi kue bagel pada Djokovic saat dirinya unggul dengan skor 5-0.

Akan tetapi disaat-saat genting, Djokovic mulai bisa menemukan ritme permainannya. Petenis asal Serbia itu berhasil menekan Nadal, sehingga mampu memperpendek jarak ketertinggalannya menjadi 3-5.

Namun, Djokovic melakukan beberapa kesalahan dalam melangkah. Hal itu mengakibatkannya gagal mengembalikan bola dengan sempurna. Nadal mampu memanfaatkan keadaan itu dengan baik dan mengunci set pertama.

Tertinggal 0-1, Djokovic mencoba untuk bangkit pada set kedua. Petenis kelahiran 22 Mei 1987 itu memulai fase berikutnya dengan cukup baik dan sempat unggul 2-0. Namun, sang raja tanah liat tak membiarkan lawannya melenggang dengan mudah dan merebut dua game beruntun untuk membuat skor menjadi imbang 2-2.

Akan tetapi Djokovic menunjukkan dirinya layak ditempatkan sebagai unggulan pertama pada salah satu turnamen terakbar di muka bumi ini. Djokovic seakan tak henti memberikan tekanan, hingga berhasil merebut break-point dan kembali memimpin dengan skor 5-2.

Nadal tak tinggal diam dan berupaya keras untuk terus memberikan perlawanan. Dia berusaha agar Djokovic tak bisa menyamakan kedudukan. Sayangnya usaha Nadal menahan laju Djokovic yang telah menemukan performa terbaiknya gagal. Djokovic akhirnya mampu merebut set kedua.

Kedudukan berimbang 1-1 membuat persaingan set ketiga berlangsung alot dan ketat. Kedua petenis papan atas itu sama-sama mengerahkan permainan terbaiknya. Saling kejar mengejar angka pun tak terhindarkan hingga kedudukan berimbang 3-3 pada akhir game keenam.

Djokovic sempat memborong dua game berturut-turut dan unggul 5-3. Akan tetapi Nadal tak membiarkan situasi itu terus berlanjut. Dia membalas dengan memborong dua game berikutnya untuk memaksa kedudukan kembali berimbang, 5-5. Pertandingan berjalan semakit ketat hingga kedudukan 6-6, dan set ketiga harus mencapai tie-breaker.

Usai bertarung alot, akhirnya Djokovic berhasil memenangi set ketiga. Dia memaksa Nadal pontang-panting lewat sejumlah servis gledeknya yang sulit diredam oleh Nadal.

Nadal sempat memberi sinyal kebangkitan pada awal set keempat saat dirinya langsung memimpin 2-0. Namun tak berselang lama, Djokovic langsung membalas dengan merebut dua game berturut-turut, sekaligus membuat kedudukan menjadi imbang 2-2. 

Setelah itu Djokovic terus melesat dan seakan tak terbendung. Dirinya tak memberi kesempatan sedikitpun pada Nadal untuk mengembangkan permainannya. Akhirnya Djokovic memastikan diri melangkah ke babak puncak nomor tunggal putra turnamen Grand Slam Prancis Terbuka setelah menggembok set keempat dengan skor 6-2.

Di final, Djokovic bakal bertarung menghadapi petenis Yunani, Stefanos Tsitsipas, yang di partai semifinal lainnya berhasil mengandaskan perlawanan petenis Jerman, Alexander Zverev.

Stefanos Tsitsipas yang pada turnamen ini ditempatkan sebagai unggulan kelima, menghentikan perlawanan Alexander Zverev yang merupakan unggulan keenam, melalui pertarungan ketat selama lima set, yang berkesudahan dengan skor 6-3, 6-3, 4-6, 4-6, 6-3.

Info & Berita Tenis Terkini Lainnya juga Dapat Disimak di Raket.id

Prancis Terbuka