Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Novak Djokovic Juara Prancis Terbuka 2021 Usai Kalahkan Stefanos Tsitsipas

arayanaNews.com, Paris, 13 Juni 2020 - Novak Djokovic mengukuhkan dirinya sebagai petenis putra terbaik di muka bumi saat ini setelah dirinya berhasil menyabet gelar juara nomor tunggal putra turnamen Grand Slam Prancis Terbuka 2021. 

Unggulan teratas itu berhak menyandang titel kampiun, menyusul kemenangan yang ditorehkannya atas petenis Yunani Stefanos Tsitsipas.

Pada laga pamungkas yang berlangsung di Roland Garros, Minggu (13 Juni 2021) malam WIB, Tsitsipas yang pada turnamen ini ditempatkan sebagai unggulan kelima, mengunci set pertama usai bertarung sengit yang berkesudahan dengan skor tipis 7-6(6).

Pada set kedua, Tsitsipas nampak semakin mengganas dan seakan tak memberi kesempatan sedikitpun pada petenis ranking satu ATP (Association of Tennis Professionals -red) itu untuk mengembangkan permainannya. Tsitsipas pun menggembok set kedua dengan angka 6-2.

Di awal set ketiga Djokovic langsung menggebrak dengan memenangi game pertama, namun Tsitsipas langsung mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah menutup game kedua.

Game keempat set kedua berlangsung cukup alot, kedua petenis saling silih berganti dalam pengumpulan poin hingga terjadi beberapa kali deuce, sebelum akhirnya Djokovic merebut break-point dan unggul 3-1.

Setelah itu nampaknya Djokovic mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya. Petenis Serbia itu berhasil mempertahankan servisnya dan membuat kedudukan berubah menjadi 4-1. Djokovic semakin beringas dan akhirnya mengunci set ketiga dengan skor 6-3.

Masih tertinggal 1-2, Djokovic semakin agresiv dengan merebut break-point diawal set keempat. Tak berhenti sampai disitu, Juara Roland Garros edisi tahun 2016 itu memborong dua game berikutnya untuk semakin unggul 3-0 setelah bertarung sengit di game ketiga. Laju Djokovic tak terbendung dan akhirnya menutup set keempat dengan skor 6-2.

Kedudukan berimbang 2-2 memaksa pertarungan harus dituntaskan lima set.

Tsitsipas mengawali set penentuan dengan hasil positif. Petenis bertinggi badan 1,93 cm itu berhasil mempertahankan servisnya dan memimpin 1-0. Namun tak berselang lama, Djokovic mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. 

Djokovic terus melaju dengan merebut break-point pada game ketiga sekaligus mengubah skor menjadi 2-1.

Seakan tak ingin memberi kesempatan kepada sang lawan, Djokovic terus melesat dengan mempertahankan servisnya sehingga kedudukan menjadi 3-1.

Namun Tsitsipas tak membiarkan keadaan semakin ruyam, dia berhasil mempertahankan servisnya di game kelima untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3.

Djokovic kembali memperjauh jarak keunggulan setelah dirinya mampu mempertahankan servisnya di game ke enam sehigga kedudukan menjadi 4-2. Namun Tsitsipas tak mau menyerah begitu saja, berjuang maksimal untuk menjaga asa dengan mempertahankan servisnya. Usahanya tak sia-sia, Tsitsipas berhasil memenangi game ketujuh dan kembali memperpendek jarak ketertinggalan, 4-3.

Djokovic diambang kemenangan setelah dirinya berhasil mengunci game kedelapan untuk membuat kedudukan menjadi 5-3. Akan tetapi Tsitsipas tak tinggal diam dan terus memberi perlawanan. Dia kembali berhasil mempertahankan servisnya di game kesembilan sehingga kedudukan menjadi 4-5. 

Akhirnya Novak Djokovic berhasil menyabet gelar juara Roland Garros kedua setelah menutup game kesepuluh set penentuan dengan skor 6-4.

Sebelum bertarung di laga pamungkas, pada babak empat besar yang berlangsung Sabtu (12 Juni 2021) dini hari WIB, Novak Djokovic berhasil menjungkalkan raja tanah liat, Rafael Nadal, 3-6, 6-3, 7-6 (4), 6-2. Sementara Stefanos Tsitsipas berhak tampil di babak puncak setelah di semifinal menggulung unggulan keenam, Alexander Zverev yang melalui pertarungan ketat selama lima set, yang berkesudahan dengan skor 6-3, 6-3, 4-6, 4-6, 6-3.

Info & Berita Tenis Terkini Lainnya juga Dapat Disimak di Raket.id


Novak Djokovic Juara Prancis Terbuka 2021
Usai Kalahkan Stefanos Tsitsipas